Home » Desain » 7 Desain Dapur Keren untuk Rumah Minimalis

7 Desain Dapur Keren untuk Rumah Minimalis

Desain dapur sebagai salah satu ruang penting dalam sebuah rumah harus memperhatikan berbagai elemen. Elemen kenyamanan gerak, tata letak perabotan, kemudahan perawatannya, serta pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik. Sebelum merancang dapur, kita harus mengetahui kebiasaan ‘sang juru masak’ yang akan menggunakan dapur tersebut; pola pergerakannya, urutan memasaknya, serta perawakannya. Memang sudah banyak perabot dapur yang dijual di berbagai toko, namun seringkali perabot tersebut tidak maksimal dan kurang nyaman bagi pemakainya.

Desain dapur minimalis tidak hanya memperhatikan semua elemen itu saja. Desain dapur minimalis juga harus mampu menghadirkan sesedikit mungkin perabot untuk mengoptimalkan fungsi dapur. Desain dapur minimalis harus cerdik menyiasati ruang dan perabotnya serta menyelaraskannya dengan ruang-ruang di sekitarnya.

7 Desain Dapur Keren untuk Rumah Minimalis

7 Desain Dapur Keren untuk Rumah Minimalis

7 Desain Dapur Keren untuk Rumah Minimalis

Artikel ini menghadirkan 7 desain dapur keren untuk rumah minimalis yang dapat menginspirasi Anda untuk merancang dapur minimalis keren untuk rumah Anda.

1. Dapur minimalis tropikal

Dapur minimalis tropis ini keren bukan hanya dari penampilannya, tetapi juga karena penuh makna. Desainnya, yang didasarkan pada Feng Shui dengan tuntutan ukuran dan penempatan ruang tertentu, mampu menghadirkan fungsinya secara optimal. Keberhasilan menyelesaikan tantangan untuk berkolaborasi Feng Shui dengan keindahan desain membuat dapur minimalis tropis ini sangat keren. Bahan furnitur dapur didominasi oleh kayu sebagai salah satu elemen yang mendasari Feng Shui sekaligus memperkuat kesan tropis alami. Karakter dan warna kayu adalah “tempat menarik” yang sejuk dan mewah yang menyeimbangkan ruang “dingin” yang didominasi oleh warna putih, serta simbol keseimbangan danin dan yang ‘dalam kehidupan.

2. Dapur minimalis modern

Pilihan warna untuk desain minimalis biasanya didominasi oleh warna monokrom yang serasi, seperti putih, hitam dan abu-abu. Namun, bukan berarti tidak mungkin untuk memadukan berbagai warna. Dezan Studio membuktikannya melalui kolaborasi kayu putih dan coklat muda dengan warna biru muda dan oranye sebagai aksen di ruang dapur. Tampilan warna-warna cerah dengan porsi seimbang membuat dapur minimalis terlihat keren dan unik.

3. Dapur minimalis open-plan

Sebagai salah satu ciri desain minimalis, ruang rencana terbuka juga menyertakan dapur di dalamnya. Kebersamaan, penggunaan ruang antara dapur dan meja makan harus diimbangi dengan kombinasi desain yang berkolaborasi untuk bersatu dan saling melengkapi. Penggunaan warna dan bahan yang sama atau serasi dapat mengatasi tuntutan desain ini.

4. Dapur minimalis pop art

Meskipun dalam porsi kecil, dapur minimalis mungil ini mampu memihak ruang duduk bergaya pop art di sebelahnya. Kombinasi kedua gaya ini, minimalis dan seni pop, diperkuat oleh ubin dinding dengan kotak-kotak kecil di dinding dekat wastafel.

5. Dapur minimalis mid-century

Ternyata gaya minimalis dapat berkolaborasi dengan dingin dalam gaya abad pertengahan. Penggunaan kayu yang menampilkan warna cokelat susu memperkuat karakter alaminya. Meskipun, biasanya desain minimalis didominasi oleh garis horizontal dan vertikal dengan 900 sudut, tetapi bentuk melengkung di sudut-sudut meja dan kursi pantry sebenarnya memberikan karakter desain abad pertengahan yang sederhana dan indah. Bentuk meja dapur yang ‘sederhana’ juga memperkuat kesan minimalis.

6. Dapur minimalis kontemporer

Desain minimalis dengan dominasi garis horizontal dan vertikal masih dapat disandingkan dengan gaya kontemporer. Dapur putih bersih di Inset House membuktikannya dengan baik dan sejuk dengan kotak dan meja dapur simetris dan liontin serta kursi meja makan gaya kontemporer.

7. Dapur minimalis industrial

Dengan memilih warna, desain minimalis dan industri tidak jauh berbeda, keduanya memanfaatkan warna monokrom yang mirip dengan kecenderungan hitam dan abu-abu. Alvin Tjitrowirjo secara cerdik memanfaatkan kesamaan antara dua gaya arsitektur. Pelat besi dengan garis-garis horizontal dan kap kompor membuktikan betapa kerennya kombinasi kedua gaya ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*